Sukses Bisnis Online : THE SUCCESS MINDSET

Sukses Bisnis Online : THE SUCCESS MINDSET
 "Bagaimana caranya sukses berbisnis online?"
Saat ini sudah tidak terhitung lagi seberapa banyak saya mendapatkan pertanyaan ini. Banyak orang menjawab dengan berbagai hal.
"Oh, Anda harus harus menguasai traffic, karena kalau tidak ada pengunjung ke website Anda, maka Anda tidak dapat menghasilkan uang sama sekali bukan?"
"Oh, Anda harus menguasai bagaimana cara membuat website, karena bagaimana mungkin Anda menjual sesuatu tanpa ada website, dan mereka tidak dapat melihat seperti apakah produk Anda?"
"Oh, Anda harus membuat sebuah e-mail list sebagai database Anda, karena seperti yang para guru-guru katakan, the MONEY is in the list. Jadi, buat database itu agar Anda dapat mempromosikan product Anda kepada client Anda berkali-kali"

Dan jawaban itupun sampai tidak ada habisnya.
Masalahnya adalah, jawaban itu betul dan sekaligus juga salah. Betul karena semua jawaban diatas masuk akal dan saya sering kali melihat para guru yang menguasai salah satu bidang tersebut saja bisa menghasilkan jutaan dolar melalui bisnis online mereka.
Dan ini yang terpenting, salah karena Anda terlalu fokus terhadap hal-hal yang berbau teknis tetapi Anda tidak mengasah mental Anda terlebih dahulu.
Kebanyakan orang melakukan bisnis online melakukannya karena mereka ingin menghasilkan banyak uang dari online.

Mereka sering melihat guru A, guru B, dan guru C menunjukkan betapa besarnya mereka menghasilkan uang melalui online. Tentu saja sebagai orang awam, Anda pasti akan sangat terkejut melihatnya, karena guru-guru tersebut mengatakan bahwa Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.
Anda juga perlu melihat, apakah mereka menjual kepada Anda tidak membutuhkan usaha lain selain "menekan tombol" saja?
Anda lihat mereka menjual kepada Anda, mereka membutuhkan berbagai persiapan yang matang:

1. Pembuatan produk.
2. Membuat sales page.
3. Mengurus pembayaran.
4. Mencari dan mengurus partner penjualan (joint venture).
5. Mengurus support terhadap produk mereka.
6. Dan masih banyak hal lainnya.

Tahukan Anda bahwa ia melewatkan malam yang panjang, dimana ketika semua teman-temannya sudah tertidur, ia masih berjuang didepan komputernya dan tetap lanjut bekerja?
Tetapi ada yang mengatakan: Bekerja pintar lebih baik dari bekerja keras. Sure. Seberapa banya yang bisa sukses dengan hanya bekerja pintar? 1%, 50%?
Saya tidak bisa memungkiri bahwa ada beberapa orang yang terlahir berbakat dan sangaat cerdas, sehingga mereka bisa sukses dengan sangat cepat. Kalau Anda salah satu dari mereka, saya ucapkan selamat.

Tetapi kalau Anda adalah seperti saya atau seperti kebanyakan orang lainnya yang biasa-biasa saja, percayalah. Ketekunan mengalahkan kepintaran.
Itulah mindset pertama yang harus Anda miliki:

1. KETEKUNAN
Ketika Anda mencoba menjual sebuah produk dan gagal, Anda perlu tekun untuk mencobanya lagi entah dengan produk yang lain atau Anda mengubah cara penjualan Anda.
Ketika Anda tergoda untuk bermalas-malasan didepan TV, Anda perlu tekun untuk menyemangati diri Anda dan mengingatkan diri Anda akan mimpi Anda, agar Anda segera kembali ke laptop atau komputer Anda untuk melanjutkan pekerjaan Anda.
Kira-kira Anda sudah menangkap maksudnya bukan, ketekunan ini? Oke.

2. FOKUS
Saya sering melihat dalam dunia bisnis online ini, banyk yang bertindak seperti kutu loncat. Apa maksudnya dengan kutu loncat? Maksudnya adalah orang yang tergiur dengan berbagai janji menjadi kaya di bisnis online dengan mudah dan meninggalkan apa yang baru saja ia pelajari dan bahkan belum sempat di praktikkan.
Orang yang seperti ini adalah makanan empuk dari para guru-guru internet marketing. Mereka adalah para pembeli yang sangat setia dan sangat mudah untuk dijual. Anda hanya perlu menawarkan didepan mereka.
Padahal seperti yang saya katakan sebelumnya, apapun yang Anda pilih untuk lakukan di dalam dunia online, Anda pasti bisa berhasil ketika Anda mau fokus.
Contohnya adalah seperti ini, Anda suka dengan Facebook dan Anda cukup menguasai Facebook. Disini ambilah keputusan bahwa Anda ingin menghasilkan uang dengan Facebook. Setelah Anda mencapai keputusan tersebut, maka fokuslah dengan hal-hal yang berhubungan dengan Facebook.

Anda bisa belajar bagaimana caranya:

1. Membuat Facebook fanpage
2. Memasang iklan di Facebook yang efektif
3. Dan banyak hal lainnya yang berhubungan dengan Facebook.

Sukses Bisnis Online : THE SUCCESS MINDSET

Jikalau Anda harus belajar dan membeli materi yang baru, carilah materi dan subscribe-lah kepada guru-guru ahli dibidang Facebook. Ambil waktu dan fokuskan perhatian Anda di sini dan gunakan ketekunan dalam mencoba berbagai hal di Facebook sampai Anda berhasil menghasilkan uang darinya. Simpel bukan?

Jadi, kapan saya mencoba hal lain lagi? Apakah saya harus melewatkan uang saya di satu area saja, dimana saya menjadi ahli di bidang tersebut? Bukankah itu hal yanh berbahaya karena jikalau ada perubahan sedikit saja, dimana bisnis saya tidak dapat beradaptasi, dalam satu hari saya akan kehilangan penghasilan saya?
Ya, Anda betul. Anda harus melakukan diversifikasi. Sayangnya kebanyakan orang melakukannya dengan cara yang salah, dimana yang satu belum betul-betul "jadi", Anda  sudah lari dulu ketempat yang lain.

Anda baru melakukan diversifikasi atau mencoba hal yang lain ketika Anda sudah melakukan segalanya di Facebook dan Anda tidak dapat menghasilkan uang sama sekali atau yang lebih baik lagi, setelah Anda sudah berhasil mendapatkan uang dari Facebook dan Anda sudah melakukan secara maksimal. Inilah waktunya Anda diversifikasi dengan memanfaatkan sumber traffic lain untuk meningkatkan pengahasilan bisnis online Anda.

Ketika Anda dalam posisi ini, malah Anda sudah sangat enak sekali. Mengapa? Karena Anda sudah memiliki pendapatan yang dapat Anda gunakan untuk memperlebar jaringan bisnis Anda.
Tidak ada orang yang jadi kaya, yang memulai bisnisnya dari bawah dengan membuka tiga perusahaan baru dengan bidang yang berbeda-beda secara sekaligus. Yang mereka lakukan adalah mereka memastikan bahwa satu hal sudah berhasil, barulah melebarkan bisnisnya ke area yang lain.


0 comments